Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Penjas melalui Modifikasi di SDN 02 Galugua Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota

Ningsih, Wilda (2023) Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Penjas melalui Modifikasi di SDN 02 Galugua Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Wilda_Ningsih_21086523_2145_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

SD 02 Galugua Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota adalah salah satu sekolah yang melaksanakan Modifikasi dalam pembelajaran Penjasorkes, namun pelaksanaan pembelajaran tersebut belum terlaksana dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang gambaran pelaksanaan pembelajaran Penjas melalui modifikasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November 2022. Tempat penelitian adalah SD Negeri 02 Galugua Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota Populasi penelitian adalah 142 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling, didapat sampel berjumlah 55 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah Angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Guttman. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1).Tingkat capaian peranan modifikasi olahraga dalam meningkatkan motivasi dan kesenangan siswa berada pada klasifikasi sangat baik, dengan hasil penelitian adalah sebesar 94,2%, 2). Tingkat capaian peranan modifikasi olahraga dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa berada pada klasifikasi sangat baik, dengan hasil penelitian adalah sebesar 93,4%, 3). Tingkat capaian peranan modifikasi olahraga dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran penjasorkes pada di SD Negeri 02 Galugua Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota, adalah sebesar 92,5%, itu artinya bahwa tingkat capaian peranan modifikasi olahraga dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjasorkes, berada pada klasifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Aldo NazaUNSPECIFIED
CorrectorIhsan, NurulUNSPECIFIED
CorrectorZulbahri, ZulbahriUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:01
Last Modified: 01 Aug 2023 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45322

Actions (login required)

View Item View Item