Ningsih, Wilda
(2023)
Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Penjas melalui
Modifikasi di SDN 02 Galugua Kecamatan Kapur IX
Kabupaten Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
SD 02 Galugua Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota adalah
salah satu sekolah yang melaksanakan Modifikasi dalam pembelajaran
Penjasorkes, namun pelaksanaan pembelajaran tersebut belum terlaksana dengan
baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang
gambaran pelaksanaan pembelajaran Penjas melalui modifikasi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan pada
bulan November 2022. Tempat penelitian adalah SD Negeri 02 Galugua
Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota Populasi penelitian adalah 142
orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling, didapat
sampel berjumlah 55 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data
adalah Angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Guttman. Data
dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk
persentase.
Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1).Tingkat
capaian peranan modifikasi olahraga dalam meningkatkan motivasi dan
kesenangan siswa berada pada klasifikasi sangat baik, dengan hasil penelitian
adalah sebesar 94,2%, 2). Tingkat capaian peranan modifikasi olahraga dalam
meningkatkan aktivitas belajar siswa berada pada klasifikasi sangat baik, dengan
hasil penelitian adalah sebesar 93,4%, 3). Tingkat capaian peranan modifikasi
olahraga dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran
penjasorkes pada di SD Negeri 02 Galugua Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima
Puluh Kota, adalah sebesar 92,5%, itu artinya bahwa tingkat capaian peranan
modifikasi olahraga dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
penjasorkes, berada pada klasifikasi sangat baik.
Actions (login required)
|
View Item |