Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Teknik Renang Gaya Dada dengan Kecepatan Renang Gaya Dada 50 Meter Atlet Club Padang

Simbolon, Febri Yanto (2023) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Teknik Renang Gaya Dada dengan Kecepatan Renang Gaya Dada 50 Meter Atlet Club Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FEBRI_YANTO_SIMBOLON_19086133_2190_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya kecepatan renang 50 meter gaya dada atlet Renang Club Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara daya ledak otot tungkai dan teknik renang gaya dada dengan kecepatan renang 50 meter gaya dada atlet Renang Club Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di kolam renang teratai kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet renang Club Padang yang berjumlah 82 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang, alasan peneliti mengambil sampel 40 karena mengingat peneliti hanya mengambil sampel dalam kategori homogenitas data diambilah anak yang berusia berdekatan usia oleh karena itu teknik samplingnya adalah purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Vertical Jump Test, (2) tes teknik renang gaya dada, dan (3) tes kecepatan renang 50 meter gaya dada. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana yang sebelumnya dilakukan uji normalitas data dan uji homogenitas data yang kemudian dilanjutkan dengan analisis uji signifikansi dengan uji t. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat hubungan antara daya ledak otot tungkai dengan kecepatan renang 50 meter gaya dada atlet renang Club Padang dengan r hitung -0.4821> r tabel 0,312. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara Teknik renang gaya dada dengan kecepatan renang 50 meter gaya dada atlet renang Club Padang dengan r hitung -0.41717> r tabel 0,312.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMadri, MadriUNSPECIFIED
CorrectorSyahrastani, SyahrastaniUNSPECIFIED
CorrectorZulbahri, ZulbahriUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:32
Last Modified: 27 Jul 2023 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45246

Actions (login required)

View Item View Item