Penciptaan Karya Tari “Beremis“ Sebagai Wujud Transformasi Tradisi Budaya di Desa Pasar Tais Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu

Lestari, Wulan Dari Ekaputri (2022) Penciptaan Karya Tari “Beremis“ Sebagai Wujud Transformasi Tradisi Budaya di Desa Pasar Tais Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_WULAN_DARI_EKAPUTRI_LESTARI_18332053_4849_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penciptaan tari Beremis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera dan flashdisk. Data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Beremis merupakan wujud penciptaan karya dari hasil transformasi tradisi budaya beremis masyarakat di tepi pantai Seluma yang diciptakan di Desa Pasar Tais Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Transformasi yang dilakukan adalah mengemas tradisi budaya beremis sebagai ide yang kemudian disampaikan menjadi gerak tarian kreasi yang didukung oleh iringan lagu daerah (lagu beremis). Tata rias wajah serta busana dan properti keranjang yang mendukung tergambarnya tradisi budaya beremis menjadi bentuk karya tari yang kemudian dapat ditampilkan di tempat pertunjukan sebagai seni pertunjukan masyarakat Kabupaten Seluma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorNerosti, NerostiUNSPECIFIED
CorrectorAsrinti, AsrintiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENCIPTAAN KARYA TARI
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:49
Last Modified: 20 Jul 2023 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45125

Actions (login required)

View Item View Item