Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Kota Solok

Gusverina, Fania (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FANIA_GUSVERINA_16029109_5826_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika, oleh karena itu kemampuan pemecahan masalah harus ditingkatkan. Kenyataan yang ditemukan di sekolah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensioanl serta untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation di kelas VIII SMPN 2 Kota Solok. Jenis penelitian adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan rancangan Randomized Control-Group Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, dan terpilih kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata α=0,05 diperoleh p-value=0,040 karena p-value< α maka tolak H_0. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorArnelis, ArnelisUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:48
Last Modified: 21 Jul 2023 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45124

Actions (login required)

View Item View Item