Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains di Taman Kanak-kanak Inklusi Inspirasi Islamic School

Chandra, Wendy Erste Sohn (2023) Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains di Taman Kanak-kanak Inklusi Inspirasi Islamic School. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WENDY_ERSTE_SOHN_CHANDRA_18330050_1558_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran literasi sains belum terlaksana dengan baik karena hanya terfokus pada pembelajaran lainnya seperti membaca dan berhitung dengan mengabaikan pembelajaran yang mendorong anak untuk aktif menganalisis sampai mengimplementasikannya di lingkungan sekitar sehingga kemampuan literasi sains anak masih rendah. Hal tersebut mengakibatkan anak hanya memperoleh pengetahuan tingkat rendah bahkan cendrung manual dan mengabaikan penggunaan teknologi. Bahkan pembelajaran tersebut tidak menstimulasi kemampuan berpikir ilmiah, pola pikir rasional dengan membangun karakter tanggung jawab terhadap diri sendiri dan alam semesta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implemention, dan Evaluation). Hasil validitas Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains dinyatakan valid dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan nilai rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi yaitu 0,84 dan hasil nilai rata-rata Aiken’s V oleh ahli media yaitu 0,83. Hasil praktikalitas Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains dinyatakan sangat praktis, dengan hasil rata-rata persentase praktikalitas yaitu 92 %. Hasil presentase efektivitas yaitu 91% dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains dinyatakan sangat efektif. Dapat disimpulkan media Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliza, DelfiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:41
Last Modified: 20 Jul 2023 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45109

Actions (login required)

View Item View Item