Chandra, Wendy Erste Sohn
(2023)
Pengembangan Pembelajaran Berbasis
Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains di Taman Kanak-kanak Inklusi
Inspirasi Islamic School.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Proses pembelajaran literasi sains belum terlaksana dengan baik karena
hanya terfokus pada pembelajaran lainnya seperti membaca dan berhitung dengan
mengabaikan pembelajaran yang mendorong anak untuk aktif menganalisis
sampai mengimplementasikannya di lingkungan sekitar sehingga kemampuan
literasi sains anak masih rendah. Hal tersebut mengakibatkan anak hanya
memperoleh pengetahuan tingkat rendah bahkan cendrung manual dan
mengabaikan penggunaan teknologi. Bahkan pembelajaran tersebut tidak
menstimulasi kemampuan berpikir ilmiah, pola pikir rasional dengan membangun
karakter tanggung jawab terhadap diri sendiri dan alam semesta. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek
untuk Pengenalan Literasi Sains yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analisis, Desain,
Development, Implemention, dan Evaluation). Hasil validitas Pengembangan
Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains dinyatakan valid
dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan nilai rata-rata Aiken’s
V oleh ahli materi yaitu 0,84 dan hasil nilai rata-rata Aiken’s V oleh ahli media
yaitu 0,83. Hasil praktikalitas Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek
untuk Pengenalan Literasi Sains dinyatakan sangat praktis, dengan hasil rata-rata
persentase praktikalitas yaitu 92 %. Hasil presentase efektivitas yaitu 91% dan
Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains
dinyatakan sangat efektif. Dapat disimpulkan media Pengembangan Pembelajaran
Berbasis Proyek untuk Pengenalan Literasi Sains dinyatakan valid, praktis dan
efektif.
Actions (login required)
|
View Item |