Persepsi Peserta Pelatihan Menjahit oleh UPTD BLK Payakumbuh terhadap Keterampilan Menjahit dan Pendapatan Masyarakat di Kecamatan.

Sulfa, Ana Tri (2023) Persepsi Peserta Pelatihan Menjahit oleh UPTD BLK Payakumbuh terhadap Keterampilan Menjahit dan Pendapatan Masyarakat di Kecamatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANA_TRI_SULFA_17075100_2399_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelatihan yang diadakan oleh UPTD BLK Payakumbuh berguna untuk memberikan keterampilan kepada peserta pelatihan, dan dapat membuka usaha mandiri guna meningkatkan pendapatan. Setelah mengikuti pelatihan menjahit, berdasarkan persepsi peserta pelatihan, masih banyak peserta yang belum menguasai keterampilan menjahit. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisa persepsi peserta pelatihan menjahit yang diadakan oleh UPTD BLK Payakumbuh terhadap keterampilan menjahit masyarakat, serta menganalisa persepsi peserta pelatihan menjahit yang diadakan oleh UPTD BLK Payakumbuh terhadap pendapatan masyarakat dari usaha menjahit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini merupakan masyarakat yang pernah mengikuti pelatihan menjahit sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Uji validitas instrumen melalui validitas isi dan validitas muka berupa penilaian oleh validasi ahli pada angket, dan uji reliabilitas menggunakan bantuan SPPS Statistics 17.0 melalui nilai Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan perhitungan standar deviasi dan pengkategorian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta pelatihan menjahit terhadap keterampilan setelah mengikuti pelatihan menjahit berada pada kategori kurang terampil dengan rata-rata skor standar deviasi 71,21%. Selanjutnya peserta yang membuka usaha menjahit berjumlah 30 orang atau 37,5% dari 80 orang. Dengan demikian pendapatan masyarakat setelah pelatihan menjahit meningkat, dari yang semula tidak memiliki pendapatan, setelah pelatihan menjahit menjadi memiliki pendapatan yang dihasilkan dari membuka usaha menjahit, denga rata-rata pendatan Rp 1.215.000 perbulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PELATIHAN MENJAHIT, KETERAMPILAN MENJAHIT , PENDAPATAN
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:30
Last Modified: 18 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45101

Actions (login required)

View Item View Item