Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 11 Koto Baru Dharmasraya

Janes, Fitria Rusli (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 11 Koto Baru Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FITRIA_RUSLI_JANES_2293_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan situasi, kondisi dan karakteristik peserta didik dan guru juga belum membiasakan peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah yang berkaitan dengan lingkungan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 11 Koto Baru, Dharmasraya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 11 Koto Baru yang berjumlah 28 orang terdiri dari 14 orang perempuan dan 14 orang laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP siklus I diperoleh persentase rata-rata 79,17% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 91,67% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Hasil pengamatan untuk aspek guru siklus I diperoleh persentase rata-rata 82,14% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,86% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Hasil pengamatan dari aspek peserta didik siklus I memperoleh persentase rata-rata 82,14% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,86% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,87 meningkat menjadi 90,26 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu di kelas V SDN 11 Koto Baru Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:11
Last Modified: 18 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45073

Actions (login required)

View Item View Item