Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Anak Tunadaksa Tingkat SMP di SLB N 1 Pagaruyuang Sumatra Barat.

Hasani, Yaumul (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Anak Tunadaksa Tingkat SMP di SLB N 1 Pagaruyuang Sumatra Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_YAUMUL_HASANI_17003079_3814_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan bagi anak tunadaksa di SLB Negeri 1 Pagaruyung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan September 2021 sampai dengan Oktober 2021. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru PJOK, kepala sekolah, dan wakil kurikulum. Teknik analisis data dengan langkah mencatat hasil pengamatan selama dilapangan, mendeskripsikanmasalah dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pelaksanaan pembelajaran PJOK pasca pandemi covid-19 kurang optimal dikarenakan adanya pengurangan waktu kegiatan pembelajaran. Strategi yang diterapkan guru PJOK kepada siswa saat proses pembelajaran olahraga adalah strategi dan pendekatan yang dilaksanakan secara langsung, metode yang diterapkan adalah metode demonstrasi dan drill, bentuk evaluasi pembelajaran dilakukan perbaikan langsung kepada siswa. Pihak sekolah menyediakan kurikulum secara tertulis untuk olahraga yang dimodifikasi sesuai dengan pelaksanan dan kemampuan siswa. Kemudian dibuat panduan tertulis atau rancangan tertulis berupa silabus dan RPP. Bentuk dukungan yang diberikan dalam pelaksanan pembelajaran PJOK dari pihak sekolah adalah tersedianya sarana dan prasarana untuk pembelajaran dimana sarana dan prasarana ini dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan anak, selain itu apresiasi kepada anak yang mau berolahraga berupa pujian, motivasi dan dukungan untuk melaksanakan pembelajaran. Kendala-kendala yang dirasakan oleh guru PJOK selama mengajar pembelajaran olahraga adalah suasana hati anak yang berubah-ubah sehingga siswa tidak mau melanjutkan pembelajaran sehingga bisa menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru PJOK untuk mengubah suasana hati anak adalah dengan memberikan motivasi dan semangat kepada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorUtami, Iga SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:54
Last Modified: 17 Jul 2023 08:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45061

Actions (login required)

View Item View Item