Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Gugus I Kecamatan IV Jurai.

Pratiwi, Tia Afrinanda (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Gugus I Kecamatan IV Jurai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_TIA_AFRINANDA_PRATIWI_18129321_6305_2022.pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pembelajaran tematik terpadu kurang terlaksana dengan baik, pembelajaran masih berpusat pada guru dan hasil belajar peserta didik yang cenderung rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Gugus I Kecamatan IV Jurai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Gugus 1, kecamatan IV Jurai. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sehingga didapatkan SDN 26 Painan Selatan sebagai sekolah sampel dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontro. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 81,06 dan kelas kontrol 65,37. Dari rata-rata posttest tersebut terlihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol. Setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh = 4,574 sedangkan pada taraf signifikan 0,05 adalah 2,042. Oleh karena itu, diterima sedangkan ditolak, karena, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV Gugus I Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:50
Last Modified: 17 Jul 2023 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45048

Actions (login required)

View Item View Item