Gambaran Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Peserta Didik PKB Angkatan 1 di BKKBN Pusat.

Adnan, Syifa Nadilah (2022) Gambaran Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Peserta Didik PKB Angkatan 1 di BKKBN Pusat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_SYIFA_NADILAH_ADNAN_18005137_4354_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini dilatar belakangi oleh keberhasilan Pelatihan PKB angkatan 1 yang ditandai dengan hasil belajar yang memuaskan di Pusdiklat dan KKB BKKBN Pusat. Hal ini karena adanya kemampuan penggunaan TIK pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kemampuan penggunaan TIK dari segi pemahaman dan pemanfaatan TIK, kemampuan menggunakan sumber belajar digital, kemampuan menggunakan perangkat digital, kemampuan penggunaan internet, kemampuan memanfaatkan TIK untuk pengembangan diri, dan penguasaan software atau aplikasi pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik PKB angkatan 1 di Pusdiklat dan KKB BKKBN Pusat. Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling yang diambil sebanyak 9 orang. teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan alat pengumpulan data adalah kuisioner. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan PKB Angkatan 1 di Pusdiklat dan KKB BKKBN Pusat. Pertama, dari segi pemahaman dan pemanfaatan TIK dikategorikan dalam aspek yang sesuai. Kedua, dari segi kemampuan menggunakan sumber belajar digital dikategorikan dalam aspek yang sesuai dengan kemampuan menggunakan sumber belajar digital. Ketiga, dari segi kemampuan menggunakan perangkat digital dikategorikan dalam aspek yang sesuai dengan kemampuan menggunakan perangkat digital. Keempat, dari segi kemampuan penggunaan internet dikategorikan dalam aspek yang sesuai dengan kemampuan penggunaan internet. Kelima, dari segi kemampuan memanfaatkan TIK untuk pengembangan diri dikategorikan dalam aspek yang sesuai dengan kemampuan memanfaatkan TIK untuk pengembangan diri. Keenam, dari segi penguasaan software atau aplikasi pembelajaran dikategorikan dalam aspek yang sesuai dengan penguasaan software atau aplikasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MHDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:49
Last Modified: 17 Jul 2023 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45046

Actions (login required)

View Item View Item