Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan.

Putri, Olivia Wandana (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_OLIVIA_WANDANA_PUTRI_18129029_6905_2022.pdf.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik secara kooperatif untuk mengkonstruksikan pengetahuannya sehingga membuat pelaksanaan pembelajaran belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 Siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 orang pada semester Juli-Desember tahun ajaran 2021/2022. Sumber data penelitian adalah RPP dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaan tematik terpadu menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I diperoleh rata-rata 87,5% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB). Kedua, Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (SB). Ketiga, Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (SB). Keempat, Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 71,88 % (C), meningkat pada siklus II menjadi 85,24% (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammdi, MuhammdiUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:47
Last Modified: 17 Jul 2023 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45011

Actions (login required)

View Item View Item