Sari, Mella
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Kelas V SDN 02 Sikapak Barat Kota Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan guru belum menghubungkan pembelajaran dengan hal yang nyata atau dalam kehidupan sehari – hari, guru kurang memberikan rangsangan, sehingga rasa ingin tau dan berfikir kritis peserta didik masih rendah dalam pembelajaran, dan guru kurang membimbing peserta didik menyimpulkan sendiri pembelajaran atau informasi yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 27 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Hasil persentase pengamatan RPP pada siklus I 83,5% dengan kualifikasi baik (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 95% kualifikasi sangat baik (SB) Hasil persentase pengamatan pada aktivitas guru siklus I 84% kualifikasi baik (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 93,7% kualifikasi sangat baik (SB). Hasil persentase pengamatan pada aspek peserta didik siklus I 78 % kualifikasi baik (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 91% kategori sangat baik (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata nya 82 mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 89,9. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |