Pengembangan E-Modul Interaktif Terintegrasi Pendekatan STEM Pada Materi Gerak dan Gaya Benda Kelas VII SMP/MTs

Mardhiah, Hayatul (2023) Pengembangan E-Modul Interaktif Terintegrasi Pendekatan STEM Pada Materi Gerak dan Gaya Benda Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_09_HAYATUL_MARDIAH_19231068_2835_2023_(10 Apr).pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada abad 21 didasarkan pada prinsip-prinsip perancangan kurikulum, antara lain sederhana, mudah dipahami dan diimplementasikan, fokus pada kompetensi dan karakter semua peserta didik, fleksibel, selaras, bergotong royong, dan memperhatikan hasil kajian serta umpan balik. Dalam melaksanakan proses pembelajaran yang dilaksanakan pada abad 21, peserta didik dituntut untuk mempunyai keterampilan 4C yaitu Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creative and Innovativ. Salah satu upaya memaksimalkan capaian keterampilan pembelajaran abad 21 tersebut adalah penerapan pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada modul pembelajaran IPA. Berdasarkan hal ini, dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan E-Modul Interaktif Terintegrasi Pendekatan STEM pada materi Gerak dan Gaya pada Benda yang valid dan praktis. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfat sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik dalam pembelajaran IPA dan sumber referensi dalam pembelajaran IPA bagi guru. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) dengan menggunakan tiga tahapan dari 4-D Models. Uji validitas E-Modul Interaktif dilakukan oleh 3 orang validator dan uji praktikalitas E-Modul Interaktif dilakukan oleh 2 orang guru mata pelajaran IPA dan 22 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bukit Sundi. Jenis data pada penelitian ini adalah data interval yang diperoleh dari hasil analisis angket validitas dan praktikalitas. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuisioner atau angket untuk mengumpulkan data validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa E-Modul Interaktif Terintegrasi Pendekatan STEM pada materi Gerak dan Gaya pada Benda.Hasil uji validitas memperoleh nilai rata-rata 85,76% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru memiliki nilai rata-rata 86,06% dan 90,31% oleh siswa dari segi kemudahan penggunaan dan manfaat dalam pembelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini adalah E-Modul Interaktif Terintegrasi STEM yang dihasilkan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada materi Gerak dan Gaya Benda Kelas VII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktavia, RaniUNSPECIFIED
CorrectorSari, Monica PrimaUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Modul Interaktif, 4D-Models, STEM.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:47
Last Modified: 17 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44958

Actions (login required)

View Item View Item