Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Menyapu Lantai Melalui Model Direct Instruction bagi Anak Down Syndrome (Single Subject Research Kelas VIII di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang)

Fajri, Hijratul (2023) Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Menyapu Lantai Melalui Model Direct Instruction bagi Anak Down Syndrome (Single Subject Research Kelas VIII di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Hijrahtul_Fajri_18003136_3913_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang, bahwa ada seorang anak down syndrome sekarang ini duduk di kelas VIII/C belum bisa menyapu lantai dikelas dengan bersih dan benar. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin memberikan inovasi yang tujuannya adalah untuk membantu anak supaya bisa membersihkan lingkungan sekitar serta melatih kemandirian dan mengurangi ketergantungan pada orang lain. Adapun inovasi yang diberikan adalah berupa model direct instruction yang digunakan untuk membantu anak down syndrome dalam meningkatkan kemampuan bina diri dalam menyapu lantai. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dimana kemampuan anak dilihat pada kondisi awal (A1), lalu diberikan intervensi (B) dan setelah diberikan intervensi (A2). Format data yang dikumpulkan adalah persentil dan dianalisis dengan analisis visual grafis. Hasil yang dikumpulkan dari 16 observasi dalam tiga fase yaitu baseline (A1), menunjukkan stabil 28,5% dan meningkat (+). Fase intervensi (B) mendapatkan data stabil 82% serta meningkat (+). Fase baseline (A2) menerima data 92,2% yang stabil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model direct instruction efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan lantai pada anak down syndrome.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasiyati, KasiyatiUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:46
Last Modified: 17 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44955

Actions (login required)

View Item View Item