Kontribusi Praktik Lapangan Teknologi Pendidikan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja Departemen Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Anzuresa, Hanifah (2022) Kontribusi Praktik Lapangan Teknologi Pendidikan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja Departemen Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_HANIFAH_ANZURESA_18004017_5494_2022.pdf.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Teknologi Pendidikan (PLTP) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang bobot 4 sks. PLTP ini dilaksanakan untuk mengaitkan pengetahuan teori dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan serta menambah wawasan mahasiswa tentang pengetahuan yang tidak di didapat selama kuliah teori. Praktik Lapangan Teknologi Pendidikan ini bertujuan untuk membakali mahasiswa agar keahlian memproduksi, menggunakan, dan mengevaluasi media pembelajaran pada jalur sekolah, instansi dan lembaga terkait. Melalui Praktik Lapangan Teknologi Pendidikan ini diharapkan adanya kecocokan antara materi yang dipelajari mahasiswa di bangku perkuliahan dengan pelaksanaan kegiatan sesungguhnya di dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Subjek penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Angkatan 2018 Departemen Teknologi Pendidikan. Instrumen yang digunakan yaitu angket penelitian dan menentukan alat ukur variabel dengan mode skala Likert yang telah dimodifikasi yang terdiri dari 4 (empat) alternatif jawaban untuk kategori pernyataan positif dan negatif. Kemuadian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasinya. Dari hasil analisis penelitian terlihat bahwa pengalaman PLTP mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang dalam kategori tinggi sebesar 85% dan kategori rendah sebesar 15% sedangkan kesiapan untuk memasuki dunia kerja sebesar 75% dan kategori rendah sebesar 25%. Berdasarkan penelitian diketahui nilai y sebesar 0,441 dan nilai rtabel 0,312 dalam singnifikan 5% sehingga y > rtabel (0,441>0,312). Hasil tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan terdapat manfaat antara pengalaman Praktik Lapangan Teknologi Pendidikan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Untuk Memasuki Dunia Kerja. Kegiatan ini menunjukan bahwa pembelajaran PLTP yang dilakukan secara langsung didunia usaha atau industri berperan tinggi terhadap kesiapan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan yang diminati sehingga hipotesis yang di ajukan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJ, Fetri YeniUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorHidayanti, AbnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:42
Last Modified: 17 Jul 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44939

Actions (login required)

View Item View Item