Wardhani, Imam
(2023)
Pengembangan Game Edukasi pada Mata Pelajaran
IPS Kelas IX SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan penelitian pengembangan ini yaitu materi pembelajaran
pada mata pelajaran IPS belum sepenuhnya dipahami oleh peserta didik, hal ini
ditandai dengan bahan ajar dan media yang digunakan belum maksimal dalam
pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku teks
sedangkan media yang digunakan guru berupa PPT akan tetapi media PPT
belum mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media PPT memiliki
kekurangan berupa kurangnya tantangan dalam pembelajaran yang
mengakibatkan peserta didik mudah bosan dan tidak serius dalam pembelajaran
dan kurangnya tantangan dalam pembelajaran mengakibatkan kurangnya antusias
dari peserta didik tersebut sehingga hasil belajar peserta didik menjadi menurun.
Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) mendeskripikan prosedur
pengembangan game edukasi (2) menghasilkan game edukasi yang valid (3)
menghasilkan game edukasi yang praktis.
Jenis penelitian yang digunakan research and development dengan model
pengembangan ADDIE. Instrumen pungumpulan data berupa panduan
wawancara,lembar validasi, dan angket kepraktisan. Lembar validasi terdiri dari
lembar validasi media,lembar validasi materi dan angket respon peserta didik.
Teknis analisis data yang digunakan berupa uji coba validas materi, validitas
media dan uji coba praktikalitas.
Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yaitu materi pembelajaran yang
diajarkan belum sepenuhnya dipahami oleh peserta didik dan bahan ajar dan
media yang digunakan belum maksimal dalam pembelajaran dengan subjek uji
coba peserta didik kelas IX SMP Negeri 26 Padang. Hasil penelitian ini
menunjukkan hasil validasi media dengan 4,5 dengan kriteria sangat valid. Hasil
dari validasi materi 4,19 dengan kriteria sangat valid. Hasil penilitian peserta
didik yang 58,93. disimpulkan bahwa game edukasi pada mata pelajaran IPS
sangat valid dan praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |