Pebrian, Iit
(2023)
Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu
Menggunakan Model Discovery Learning pada Tema 7 di Kelas IV SDN 32
Andalas Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang
menunjukkan belum adanya kesempatan bagi peserta didik untuk menemukan
sendiri pengetahuan dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru
masih cenderung menggunakan pembelajaran yang berorientasi kepada guru saat
menjelaskan pembelajaran, sehingga hasil pembelajaran tematik terpadu belum
sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil pembelajaran
tematik terpadu pada tema 7 di kelas IV SDN 32 Andalas, kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif penelitian ini dilakukan
sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku praktisi,
peneliti selaku observer, dan peserta didik kelas IV SDN 32 Andalas sebanyak 25
orang.
Hasil penelitian siklus I pada RPP memperoleh nilai persentase rata-rata
80,12 % dengan kualifikasi Baik, meningkat pada siklus II menjadi 92,85%
dengan kualifikasi Sangat baik. Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru
memperoleh nilai persentase rata-rata 82,81% dengan kualifikasi Baik, meningkat
pada siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi Sangat Baik. Pelaksanaan siklus
I pada aktivitas peserta didik memperoleh nilai persentase rata-rata 82,81%
dengan kualifikasi Baik meningkat pada siklus II menjadi 96,87% dengan
kualifikasi Sangat Baik. Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I dengan nilai
akhir 78,05 meningkat pada siklus II dengan perolehan 93,32. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat
meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 32 Andalas
Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |