Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning pada Tema 7 di Kelas IV SDN 32 Andalas Kota Padang

Pebrian, Iit (2023) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning pada Tema 7 di Kelas IV SDN 32 Andalas Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_IIT_PEBRIAN_16129153_719_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan belum adanya kesempatan bagi peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru masih cenderung menggunakan pembelajaran yang berorientasi kepada guru saat menjelaskan pembelajaran, sehingga hasil pembelajaran tematik terpadu belum sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu pada tema 7 di kelas IV SDN 32 Andalas, kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku praktisi, peneliti selaku observer, dan peserta didik kelas IV SDN 32 Andalas sebanyak 25 orang. Hasil penelitian siklus I pada RPP memperoleh nilai persentase rata-rata 80,12 % dengan kualifikasi Baik, meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi Sangat baik. Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru memperoleh nilai persentase rata-rata 82,81% dengan kualifikasi Baik, meningkat pada siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi Sangat Baik. Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik memperoleh nilai persentase rata-rata 82,81% dengan kualifikasi Baik meningkat pada siklus II menjadi 96,87% dengan kualifikasi Sangat Baik. Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I dengan nilai akhir 78,05 meningkat pada siklus II dengan perolehan 93,32. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 32 Andalas Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:40
Last Modified: 17 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44929

Actions (login required)

View Item View Item