Yanti, Fitri
(2022)
Efektivitas Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bagi Anak Tunarungu kelas V di SLB Al-Hidayah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media busy book dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan tanpa menyimpan bagi anak tunarungu kelas V di SDLB. Tujuan ini dilatar belakangi oleh kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa tunarungu yang masih rendah dikarnakan dampak dari ketunarunguan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan Single Subject Research (SSR) dengan desain Multiple Baseline Across Subjects Design. Subjek dalam penelitian ini, yaitu siswa tunarungu di kelas V SDLB. Variabel penelitian meningkatkan kemampuan penjumlahan tanpa menyimpan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dengan alat pengumpulan data berupa soal - soal. Teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan penjumlahan tanpa menyimpan pada kedua siswa meningkat setelah menggunakan media busy book pada anak tunarungu. Dibuktikan dengan adannya peningkatan kemampuan penjumlahan dari kondisi baseline ke kondisi setelah diberikan intervensi dimana hasil kecendrungan stabilitas mean level A1 pada subjek pertama (K) yaitu 3 lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi B yang mana mean levelnya 6,85 dan pada subjek kedua (Q) didapatkan hasil kecendrungan stabilitas mean level A1 3 lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi B yang mana mean levelnya 6Sehingga dapat disimpulkan bahwa media busy book efektif untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan tanpa menyimpan bagi siswa tunarungu baik yang memiliki sisa pendengaran dengan kategori ringan maupun berat.
Actions (login required)
|
View Item |