Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP.

Putri, Febby Aulia Merianda (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_FEBBY_AULIA_MERIANDA_PUTRI_18004169_4444_2022.pdf.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengembangan video pembelajaran berbasis canva ini dibuat sebagai upaya dalam meningkatkan semangat belajar serta meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video pembelajaran berbasis canva pada mata pelajaran Ilum Pengetahuan Alam (IPA) SMP yang layak dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 6 Sawahlunto di kelas VIII dengan subjek 31 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi media, lembar validasi materi, serta angket praktikalitas yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil penilaian uji kelayakan oleh validator media dan validator materi, diperoleh hasil validasi dari validator materi 1 dan validator materi 2 dengan rata-rata 4,86 dengan dikategorikan “Sangat Valid”. Hasil validasi materi adalah 4,88 dengan dikategorikan sangat valid. Hasil uji praktikalitas diperoleh rata-rata 4,73 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk video pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:14
Last Modified: 17 Jul 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44915

Actions (login required)

View Item View Item