Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Penyajian Data di Kelas IV SDN Gugus 01 Mekar Karya Dharmasraya

Aryanti, Dina (2022) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Penyajian Data di Kelas IV SDN Gugus 01 Mekar Karya Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_DINA_ARYANTI_18129106_4594_2022.pdf.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pembelajaran matematika yang disebakan karena kurangnya keterlibatan siswa selama proses pembelajaran matematika dan pembelajaran masih berpusat pada guru serta dimana belum diterapkan pendekatan pembelajaran yang bervariasi, seperti belum menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar penyajian data di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah SDN Gugus 01 Mekar Karya Dharmasraya yang berjumlah 56 peserta didik, yang terdiri dari SDN 01 Koto Salak (18 peserta didik), SDN 05 Koto Salak (18 peserta didik), SDN 06 Koto Salak (11 peserta didik), SDN 09 Koto Salak (9 peserta didik). Teknik pengambilan sampel adalah dengan clauster random sampling, sehingga terpilih sebagai kelas eksperimen adalah SDN 01 Koto Salak dan sebagai kelas kontrol adalah SDN 05 Koto Salak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk piliha ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pretest pada kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning adalah 62,94 dan nilai rata-rata hasil belajar posttest adalah 87,83. Sedangkan pembelajaran dikelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan pendekatan konvensional memiliki rata-rata hasil belajar pretest adalah 60,28 dan rata-rata hasil belajar posttest adalah 67,78. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t diperoleh thitung = 5,61 dan ttabel = 2,039 dengan taraf nyata 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel dengan 5,61 > 2,039 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang segnifikan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Penyajian data di Kelas IV SDN Gugus 01 Koto Salak Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorHendri, SherlyaneUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:31
Last Modified: 17 Jul 2023 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44905

Actions (login required)

View Item View Item