Penerapan Keterampilan 4C Melalui Presentasi Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari) di Kelas X Tari 2 SMK N 7 Padang

Handayani, Fitri (2023) Penerapan Keterampilan 4C Melalui Presentasi Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari) di Kelas X Tari 2 SMK N 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FITRI_HANDAYANI_18023048_1491_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal peneliti di SMK N 7 Padang, masih menemukan masalah yang dapat menghambat kelancaran proses belajar mengajar, terutama dibidang mata pelajaran teori. Peneliti melihat rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa XI Tari 2 dibandingkan dengan kelas lain yang mengikuti mata pelejaran seni budaya. Rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan masih banyaknya siswa yang pasif dalam mengikuti pembelajaran. Hal itu terjadi karena proses pembelajaran tersebut kurang menarik bagi siswa. Setelah peneliti melihat dan mengobservasi, pendekatan pembelajaran yang guru pakai dalam mengajar adalah salah satu permasalahan yang mengakibatkan proses pembelajaran itu tidak menarik, dikarenakan pembelajaran hanya berpusat kepada guru saja atau menggunakan pendekatan teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan keterampilan 4C dengan presentasi media Power Point dalam pembelajaran Seni Budaya (tari) di kelas X Tari 2 SMK N 7 Padang. Pengembangan keterampilan 4C merupakan salah satu solusi dalam memecahkan permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran yang terjadi di SMK N 7 Padang. Yang mana dalam pengembangan keterampilan 4C diduga cocok untuk diterapkan dalam pembelajran karena, dalam hal ini siswa dituntut untuk lebih aktif, kreatif, berani serta inovatif dalam proses pembelajaran melalui presentasi media power point, sehingga hasil belajar siswa lebih maksimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan studi pustaka, observasi, tes, dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik presentase. Rata-rata presentase pengamatan belajar siswa pada pertemuan ke-1 yaitu 53,2%, dengan kriteria kurang baik, pada pertemuan ke-2 rata-rata presentase pengamatan belajar siswa adalah 56,8% dengan kriteria kurang baik, dan pada pertemuan ke-3 meningkat menjadi 64% dengan cukup baik. Setelah dilakukan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap pertemuannya rata-rata presentase pengamatan belajar siswa pada pertemuan ke-1 yaitu 75,6%, dengan kriteria baik, pada pertemuan ke-2 semakin meningkat menjadi 83% kriteria sangat baik. Rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 70,2% meningkat pada siklus II menjadi 85,6% dengan kriteria sangat baik. Maka dari itu penelitiann terhadap pengamatan belajar siswa dan hasil belajar siswa dihentikan dan dicukupkan sampai siklus II saja. Hasil penelitian ini telah mencapai target dan melewati batas nilai Kriteria Ketuntasan Minumun (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:39
Last Modified: 13 Jul 2023 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44852

Actions (login required)

View Item View Item