Pengaruh Interaksi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Seni Teater terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tebo

Arsita, Fingki Novi (2023) Pengaruh Interaksi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Seni Teater terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tebo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FINGKI_NOVI_ARSITA_19023130_3245_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran seni teater terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket,wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 29. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan interaksi guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Teater kelas VIII 1 SMP Negeri 6 Tebo Tahun ajaran Genap 2022/2023. Hasil belajar mata pelajaran Seni Teater mencapai rata-rata 73,berada dalam kategori sedang. Dengan besarnya Fhitung 9,71 > 4,20, maka H0 ditolak dan taraf signifikansi 0,004 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa interaksi guru dengtan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran seni teater. Dari hasil koefesien R2 (R Squere) diperoleh sebesar 0,231 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh interaksi guru dengan siswa terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran Seni Teater SMP Negeri 6 Tebo yaitu sebesar 23,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, (seperti halnya faktor internal: faktor jasmani dan faktor psikologi, dan faktor eksternal: faktor keluarga, faktor sekolah, faktor masyarakat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorSudarman, YosUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:39
Last Modified: 13 Jul 2023 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44848

Actions (login required)

View Item View Item