Khairunnisa, Khairunnisa
(2023)
Pengembangan Media Video Animasi pada Metode Inkuiri
untuk Pembelajaran IPS Kelas IX SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya dalam
memecahkan masalah belajar. Salah satu masalah belajar yang ditemukan yaitu
kurang termotivasinya siswa belajar IPS karena media dan metode yang
digunakan guru masih kurang tepat. Pembelajaran IPS yang banyak mengandung
uraian materi serta mengandung isi yang bersifat abstrak jika disampaikan
menggunakan metode yang tidak dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran
dan media yang kurang menarik, maka akan membuat siswa kurang semangat
belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi
pada metode inkuiri untuk pembelajaran IPS Kelas IX SMP yang valid dan praktis
sehingga layak digunakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau dikenal juga
dengan istilah Research and Develpoment (R&D). Model pengembangan yang
digunakan yaitu model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap
pengembangan yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4)
Implementation, (5) Evaluation. Uji validitas media dilakukan oleh dua validator
dan uji validitas materi dilakukan oleh satu orang validator. Uji praktikalitas
dilakukan kepada 21 orang siswa kelas IX. 4 di SMPN 1 Tanjung Raya.
Berdasarkan hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa media
dikatakan sangat valid dengan persentase 92,06%, sedangkan nilai validitas oleh
ahli materi dikategorikan sangat valid dengan persentase 90%. Pada hasil akhir uji
praktikalitas produk media pembelajaran sudah dikategorikan sangat praktis
dengan persentase 92,38 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
media video animasi pada metode inkuiri untuk pembelajaran IPS kelas IX SMP
dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |