Pengembangan Media Video Animasi pada Metode Inkuiri untuk Pembelajaran IPS Kelas IX SMP

Khairunnisa, Khairunnisa (2023) Pengembangan Media Video Animasi pada Metode Inkuiri untuk Pembelajaran IPS Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_KHAIRUNNISA_18004184_2594_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar. Salah satu masalah belajar yang ditemukan yaitu kurang termotivasinya siswa belajar IPS karena media dan metode yang digunakan guru masih kurang tepat. Pembelajaran IPS yang banyak mengandung uraian materi serta mengandung isi yang bersifat abstrak jika disampaikan menggunakan metode yang tidak dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran dan media yang kurang menarik, maka akan membuat siswa kurang semangat belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi pada metode inkuiri untuk pembelajaran IPS Kelas IX SMP yang valid dan praktis sehingga layak digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau dikenal juga dengan istilah Research and Develpoment (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Uji validitas media dilakukan oleh dua validator dan uji validitas materi dilakukan oleh satu orang validator. Uji praktikalitas dilakukan kepada 21 orang siswa kelas IX. 4 di SMPN 1 Tanjung Raya. Berdasarkan hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa media dikatakan sangat valid dengan persentase 92,06%, sedangkan nilai validitas oleh ahli materi dikategorikan sangat valid dengan persentase 90%. Pada hasil akhir uji praktikalitas produk media pembelajaran sudah dikategorikan sangat praktis dengan persentase 92,38 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi pada metode inkuiri untuk pembelajaran IPS kelas IX SMP dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:23
Last Modified: 13 Jul 2023 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44846

Actions (login required)

View Item View Item