Hubungan Antara Pengawasan Ustadz dengan Kedisiplinan Santri di Pondok Tahfizh Darul Qur’an Surau Polak Botuang Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar

Veronika, Nadya (2023) Hubungan Antara Pengawasan Ustadz dengan Kedisiplinan Santri di Pondok Tahfizh Darul Qur’an Surau Polak Botuang Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NADYA_VERONIKA_18005118_1709_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan santri di Pondok Tahfizh Darul Qur’an Surau Polak Botuang Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Hal ini diduga karena rendahnya tingkat pengawasan terhadap santri yang dilakukan oleh ustadz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengawasan ustadz, mengetahui gambaran kedisiplinan santri serta untuk mengetahui hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh santri yang aktif di Pondok Tahfizh Darul Qur’an Surau Polak Botuang Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 96 orang santri. Adapun sampel penelitian yang diambil berdasarkan Cluster sampling dengan sampel 80% dari total populasi yaitu sebanyak 76 sampel. Teknik pengumpulan data yang dipakai berupa kuesioner dengan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pengawasan ustadz tergolong rendah, (2) kedisiplinan santri tergolong rendah, dan (3) terdapat hubungan yang siginifikan antara pengawasan ustadz dengan kedisiplinan santri. Disarankan (1) pengelola lembaga Pondok Tahfizh untuk menegakkan kembali pengawasan dan memonitor pelaksanaan peraturan supaya dapat sesuai dan tepat sasaran. (2) ustadz lebih disiplin untuk menegakan peraturan, meningkatkan pembelajaran serta mengawasi santri sehingga terwujud visi dan misi pondok pesantren Tahfizh Darul Qur’an Surau Polak Botuang (3) kepada peneliti lain agar memilih variabel lain yang berhubungan dengan kedisiplinan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaris, JamarisUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, Mhd.UNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:11
Last Modified: 13 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44840

Actions (login required)

View Item View Item