Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality pada Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas V Sekolah Dasar di Kota Padang

Khaira, Miftahul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality pada Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas V Sekolah Dasar di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Miftahul_Khaira_18129123_4273_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini diberbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Sejalan dengan berkembangnya teknologi, dalam institusi pendidikan di Indonesia, kurikulum yang diterapkan pada pendidikan dasar dan menengah adalah kurikulum 2013, dengan menggunakan framework pembelajaran abad 21 yang memiliki beberapa kompetensi salah satunya kompetensi dalam penggunaan teknologi. Salah satu penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan yaitu pada media pembelajaran. Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga membuat penggunaan media pembelajaran semakin beragam dan interaktif, salah satunya teknologi yang sedang marak saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality merupakan teknologi visual yang menggabungkan objek dunia virtual ke dalam tampilan dunia nyata secara real time. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality pada materi volume kubus dan balok di kelas V Sekolah dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation ( Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media serta amgket praktikalitas dari respon guru dan respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 27 orang peserta didik yang terdiri dari 19 orang perempuan dan 8 orang laki-laki di kelas VB SDN Percobaan Kota Padang. Hasil Uji validitas materi pada pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality ini memperoleh persentase sebesar 84.35% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas bahasa sebesar 77.1% dengan kategori valid, dan hasil uji validitas media sebesar 86.6% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas dari respon guru memperoleh hasil sebesar 97% dengan kategori sangat praktis dan memperoleh hasil sebesar 86% dari respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality pada materi volume kubus dan balok di kelas V Sekolah Dasar telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorFarida, SUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:50
Last Modified: 13 Jul 2023 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44835

Actions (login required)

View Item View Item