Khaira, Miftahul
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Teknologi Augmented Reality pada Materi Volume Kubus dan Balok di
Kelas V Sekolah Dasar di Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi pada
saat ini diberbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Sejalan dengan
berkembangnya teknologi, dalam institusi pendidikan di Indonesia, kurikulum
yang diterapkan pada pendidikan dasar dan menengah adalah kurikulum 2013,
dengan menggunakan framework pembelajaran abad 21 yang memiliki beberapa
kompetensi salah satunya kompetensi dalam penggunaan teknologi. Salah satu
penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan yaitu pada media pembelajaran.
Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga membuat penggunaan media
pembelajaran semakin beragam dan interaktif, salah satunya teknologi yang
sedang marak saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi Augmented
Reality. Augmented Reality merupakan teknologi visual yang menggabungkan
objek dunia virtual ke dalam tampilan dunia nyata secara real time. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi
Augmented Reality pada materi volume kubus dan balok di kelas V Sekolah
dasar yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan
(Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima
tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development
(Pengembangan), Implementation ( Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Data diperoleh berdasarkan angket validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli
media serta amgket praktikalitas dari respon guru dan respon peserta didik.
Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 27 orang peserta didik yang terdiri
dari 19 orang perempuan dan 8 orang laki-laki di kelas VB SDN Percobaan Kota
Padang.
Hasil Uji validitas materi pada pengembangan media pembelajaran
berbasis teknologi Augmented Reality ini memperoleh persentase sebesar
84.35% dengan kategori sangat valid, hasil uji validitas bahasa sebesar 77.1%
dengan kategori valid, dan hasil uji validitas media sebesar 86.6% dengan
kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas dari respon guru
memperoleh hasil sebesar 97% dengan kategori sangat praktis dan memperoleh
hasil sebesar 86% dari respon peserta didik dengan kategori sangat praktis.
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis
teknologi Augmented Reality pada materi volume kubus dan balok di kelas V
Sekolah Dasar telah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |