The Effect of Using Role-Play Method on Students’ Speaking Skills in the Tenth-Grade of SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Safitri, Farisyah (2023) The Effect of Using Role-Play Method on Students’ Speaking Skills in the Tenth-Grade of SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FARISYAH_SAFITRI_19018081_949_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa masih kesulitan untuk beradaptasi dan kurang percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris di sekolah. Penelitian ini mengidentifikasi apakah penggunaan role-play dalam pengajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dan apakah siswa kelas sepuluh SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang diajar dengan menggunakan metode role-play berbeda dengan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan metode role-play. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini pada siswa kelas sepuluh di SMA Pembangunan Laboratorium UNP pada tahun ajaran 2022/2023. Sebanyak 30 siswa kelas X.E dan 30 siswa kelas X.D dijadikan sampel. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan semi-scripted role-play dan pendekatan kuantitatif. Dalam 8 kali pertemuan di kelas eksperimen, peneliti menerapkan metode role-play. Peneliti menggunakan t-test untuk mengevaluasi data setelah perlakuan. 8,062 > 2,045 menunjukkan thitung > ttabel. Nilai signifikansi 2-tailed kelompok eksperimen adalah .000. Hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menyatakan bahwa metode bermain peran secara efektif meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Data hipotesis kedua menunjukkan thitung > ttabel, dengan perbandingan 7.284 > 2.001 dan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0.000. Jadi, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh yang diajar dengan menggunakan metode role-play dan yang diajar tanpa menggunakan metode role-play di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolusia, CarbirienaUNSPECIFIED
CorrectorKher, Dinovia FannilUNSPECIFIED
CorrectorFudhla, NoraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:42
Last Modified: 13 Jul 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44828

Actions (login required)

View Item View Item