Hubungan Lingkungan dengan Hasil Belajar Seni Rupa Kelas VIII di SMP Negeri 43 Padang

Alfallah, Fajri (2023) Hubungan Lingkungan dengan Hasil Belajar Seni Rupa Kelas VIII di SMP Negeri 43 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FAJRI_ALFALLAH_17020118_1580_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji seberapa besar hubungan lingkungan dengan hasil belajar seni rupa kelas VIII di SMPN 43 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling yaitu sebanyak 69 orang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar seni rupa kelas VIII. Variabel independent dalam penelitian ini adalah lingkungan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi dan regresi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa lingkungan memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Padang. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian uji t yaitu thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 2,56 > 1,67. Berdasarkan hasil kuesioner lingkungan keluarga siswa SMP Negeri 43 Padang sangat baik. Orang tua menanamkan disiplin belajar, memberikan perhatian dan pengawasan. Relasi, fasilitas, dan kondisi ekonomi keluarga juga sangat baik. Pada lingkungan sekolah, hubungan siswa dengan siswa serta guru sangat baik. Selain itu metode pembelajaran dan fasilitas sekolah juga sangat memadai. Pada lingkungan masyarakat, siswa berperan aktif dan senang melakukan kegiatan di masyarakat dan bermanfaat bagi kegiatan di sekolah. Selain itu, Lingkungan tempat tinggal siswa suka bergotong royong dan suka bermusyawarah mufakat jika membuat keputusan berkenaan dengan masyarakat. Lingkungan tempat tinggalnya saling membantu ketika ada tetangga yang kesulitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSandra, YofitaUNSPECIFIED
CorrectorPebriyeni, EliyaUNSPECIFIED
CorrectorKhairi, Asra IlalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:41
Last Modified: 13 Jul 2023 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44826

Actions (login required)

View Item View Item