Pengembangan E-Modul Hidrolisis Garam Berbasis Problem Based Learning terintegrasi STEAM untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

Sari, Lusi Marvita (2023) Pengembangan E-Modul Hidrolisis Garam Berbasis Problem Based Learning terintegrasi STEAM untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_LUSI_MARVITA_SARI_18035145_1499_2023_(16 Feb).pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar sebagai penunjang dalam proses pembelajaran pada era teknologi ini bisa berupa e-modul Penggunaan e-modul dalam proses pembelajaran dinyatakan efektif dengan ditandai adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitiam ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul hidrolisis garam berbasis Problem Based Learning terintegrasi STEAM serta mengetahui tingkat validitas dan praktikalitasnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: (1) Penelitian Awal (Preliminary Research), (2) Pengembangan atau Pembentukan Prototipe (Development or Prototyping Phase), (3) Uji coba dan penilaian (assessment phase). Penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan, yaitu uji validitas dan praktikalitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas. E-modul divalidasi oleh 5 orang validator sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 3 orang guru kimia dan 12 orang peserta didik kelas XII MIPA SMAN 15 Padang. Hasil analisis validasi diperoleh nilai rata-rata uji validitas konten sebesar 0,87 dengan kategori valid, dan nilai rata-rata uji validitas media sebesar 0,90 dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas guru dan peserta didik masingmasing diperoleh sebesar 91% dan 91% dengan kategori kepraktisan sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul hidrolisis garam berbasis Problem Based Learning terintegrasi STEAM untuk kelas XI SMA/MA, yang dikembangkan sudah valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-modul, Problem Based Learning, STEAM, Hidrolisis Garam, Model plomp
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:53
Last Modified: 12 Jul 2023 04:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44809

Actions (login required)

View Item View Item