Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS Di MAN 2 Payakumbuh

Husni, Muvidellatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS Di MAN 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUVIDELLATUL_HUSNI_18053075_1804_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran interaktif berbasis nearpod adalah media yang dikembangkan untuk membantu kegiatan pembelajaran menjadi lebih interaktif. Media ini akan menyediakan beberapa fitur pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat peserta didik untuk terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna. Media ini nantinya juga dapat memudahkan peserta didik memahami konsep pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih optimal. Media ini merupakan media yang mudah diakses oleh peserta didik dan dapat digunakan dengan mudah melalui smartphone dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini merupakan penelitian research & development dengan produk pengembangan dalam aplikasi Media pembelajaran interaktif berbasis nearpod. Model pengembangan yang digunakan menggunakan model 4D, terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Dari uji validasi ahli, hasil penilaian menunjukkan media ini layak dari segi materi dengan nilai rata�rata 80 % dan untuk kelayakan media memperoleh nilai rata-rata 83,3% dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji validasi ahli evaluasi juga menunjukkan soal evaluasi yang terdapat pada media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod ini layak digunakan sebagai tes evaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran. Hasil praktikalitas media diperoleh nilai rata-rata 88,3% untuk guru dan 89,8 % untuk peserta didik yang menunjukkan media ini sangat praktis untuk digunakan pembelajaran. Media interaktif berbasis nearpod juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran ekonomi pada materi pendapatan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyofyan, RitaUNSPECIFIED
CorrectorCerya, EfniUNSPECIFIED
CorrectorVrista, Yuhendri LeoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:10
Last Modified: 12 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44806

Actions (login required)

View Item View Item