The Correlation between Reading Anxiety and Students’ Critical Reading Ability in English Department of UNP

Erdiansyah, Erdiana (2023) The Correlation between Reading Anxiety and Students’ Critical Reading Ability in English Department of UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_ERDIANA_ERDIANSYAH_18018055_844_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan antara kecemasan membaca dan kemampuan membaca kritis mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Tiga puluh dua mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris dipilih menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan peneliti berupa tes TOEFL sebanyak 30 soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca kritis. Selain itu, peneliti juga mengembangkan kuesioner berdasarkan teori para ahli yang terdiri dari 20 pernyataan yang digunakan untuk mengukur kecemasan membaca yang dialami mahasiswa. Pearson Product-Moment digunakan untuk menguji hubungan kecemasan membaca dan kemampuan membaca kritis siswa. Dari hasil penelitian ini ditemukan beberapa hasil ; 1) Sebagian besar siswa mengalami kecemasan di tingkat menengah dengan presentase sebesar 62.50%. 2) Tingkat kemampuan membaca kritis siswa berada di tingkat rata-rata dengan presentase sebesar (75%). 3) Terdapat hubungan antara kecemasan membaca siswa dengan prestasi membaca kritis mahasiwa yang ditunjukkan dengan r = .0,375. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Ini mengindikasikan hubungan negatif yang berarti bahwa semakin tinggi kecemasan membaca yang mahasiswa alami, semakin rendah skor mereka dalam membaca kritis. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan dari kecemasan membaca terhadap kemampuan membaca kritis mahasiswa. Terakhir, Penelitian ini diharapkan memiliki implikasi untuk guru bahasa Inggris, siswa dan peneliti masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitrawati, FitrawatiUNSPECIFIED
CorrectorRatmanida, RatmanidaUNSPECIFIED
CorrectorZainil, YettiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:57
Last Modified: 12 Jul 2023 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44802

Actions (login required)

View Item View Item