Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Pembelajaran di Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar

Kemala, Nina (2023) Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Pembelajaran di Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NINA_KEMALA_18005120_1799_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahirnya peserta didik di Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar dalam berbahasa Jepang dikarenakan menjadi salah satu pusat pendidikan dan pelatihan khusus berbahasa Jepang yang memberikan peluang kepada orang yang ingin berkesempatan untuk bekerja keluar negeri terkhususnya Jepang. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap tenaga pengajar, (2) mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap fasilitas pembelajaran, (3) mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap media pembelajaran, (4) mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap materi pembelajaran, (5) mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap metode pembelajaran, (6) mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap waktu pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 28 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase untuk melihat gambaran persepsi peserta didik Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar berdasarkan indikator yaitu dilihat dari aspek tenaga pengajar, fasilitas pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran dan waktu pembelajaran dikategorikan baik, hal ini dibuktikan dimana tingginya persentase pada kategori selalu. Melihat hasil perolehan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran di Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar dikategorikan baik, maka diharapkan kepada pendidik agar dapat mempertahankan pelaksanaan pembelajaran kepada peserta didik agar dapat berkembang intelektualnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MHD.UNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:27
Last Modified: 11 Jul 2023 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44771

Actions (login required)

View Item View Item