Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis

Intania, Dwi Putri (2023) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DWI_PUTRI_INTANIA_19016088_3214_2023..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Tarab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Tarab yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 284 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 6 yang berjumlah 29 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Tarab sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Tarab sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 67,24. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Tarab sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,87. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (6,40>1,70). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Tarab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, HafrisonUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:05
Last Modified: 11 Jul 2023 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44768

Actions (login required)

View Item View Item