Persepsi Siswa tentang Bimbingan Kelompok di SMAN 1 Pariaman

Hayati, Nina Puspita (2023) Persepsi Siswa tentang Bimbingan Kelompok di SMAN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NINA_PUSPITA_HAYATI_18006301_1963_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bimbingan Kelompok sangat dibutuhkan siswa untuk membantu dalam menunjang kehidupannya sehari-hari baik individu maupun sebagai pelajar, anggota keluarga, dan masyarakat serta pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Siswa yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok diharapkan untuk memiliki atau mendapatkan pengembangan kemampuan bersosialisasi khususnya kemampuan berkomunikasi peserta layanan serta dapat mendorong pengembangan nilai rasa, pemikiran, persepsi, wawasan dan pengetahuan, serta sikap untuk mewujudkan tingkah laku yang lebih efektif. Namun, pada kenyataan yang terjadi masih terdapat siswa yang kurang memanfaatkan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang bimbingan kelompok dengan beberapa aspek: (1) proses pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, (2) tujuan layanan bimbingan kelompok dan, (3) fungsi/manfaat layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa yang sudah mengikuti layanan bimbingan kelompok di SMAN 1 Pariaman yang berjumlah 57 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket persepsi siswa tentang bimbingan kelompok di SMAN 1 Pariaman. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang bimbingan kelompok di SMAN 1 Pariaman berada pada kategori baik. Hasil penelitian persepsi siswa tentang bimbingan kelompok di SMAN 1 Pariaman dapat dilihat dengan rinci sebagai berikut: (1) persepsi siswa tentang proses pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori baik, (2) persepsi siswa tentang tujuan layanan bimbingan kelompok berada pada kategori cukup baik, (3) persepsi siswa tentang fungsi/manfaat layanan bimbingan kelompok pada kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:59
Last Modified: 11 Jul 2023 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44766

Actions (login required)

View Item View Item