Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Siswa Kelas V SD Negeri.

Mulyani, Nurhayati Sri (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Siswa Kelas V SD Negeri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Nurhayati_Sri_Mulyani_17129160_4258_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, kesulitan siswa dalam memahami materi, penggunaan media pembelajaran yang monoton serta hasil belajar siswa yang tidak memenuhi batas kentuntasan. Perkembangan teknologi yang terus mengalami kemajuan sehingga memberikan dampak perubahan diberbagai bidang kehidupan tidak terkecuali di bidang pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi di bidang pendidikan yaitu pada media pembelajaran. dalam penelitian ini terkhususnya media pembelajaran matematika cabang geometri pada materi volume bangun ruang kubus dan balok. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar volume bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Quasi Eksperimental, dengan bentuk Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling cluster random sampling. Dimana sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu Kelas V SDN 03 Koto Tuo dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang sedangkan kelas kontrol yaitu kelas V SDN 16 Guguak Tinggi dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dengan melihat pengaruh dari dua rata-rata nilai setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar volume bangun ruang kubus dan balok siswa Kelas V SD Negeri. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata yang lebih tinggi 83,46667 sedangkan nilai rata-rata kelaskontrol yaitu 71,73333. Dan dari hasil t- test dengan taraf nyata (α=0,05) dengan derajat kepercayaan 95% diperoleh t hitung ≥ t tabel , yaitu 2,4975939 > 2,131.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:53
Last Modified: 11 Jul 2023 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44762

Actions (login required)

View Item View Item