Mulyani, Nurhayati Sri
(2023)
Pengaruh Media Pembelajaran Augmented
Reality Terhadap Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok
Siswa Kelas V SD Negeri.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu perkembangan
teknologi dalam dunia pendidikan, kesulitan siswa dalam memahami materi,
penggunaan media pembelajaran yang monoton serta hasil belajar siswa yang
tidak memenuhi batas kentuntasan. Perkembangan teknologi yang terus
mengalami kemajuan sehingga memberikan dampak perubahan diberbagai bidang
kehidupan tidak terkecuali di bidang pendidikan. Salah satu perkembangan
teknologi di bidang pendidikan yaitu pada media pembelajaran. dalam penelitian
ini terkhususnya media pembelajaran matematika cabang geometri pada materi
volume bangun ruang kubus dan balok. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran Augmented Reality
terhadap hasil belajar volume bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen dan desain Quasi Eksperimental, dengan bentuk Nonequivalent
control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik
sampling cluster random sampling. Dimana sampel terdiri dari dua kelas yaitu
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu Kelas V SDN 03
Koto Tuo dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang sedangkan kelas kontrol yaitu
kelas V SDN 16 Guguak Tinggi dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dengan melihat
pengaruh dari dua rata-rata nilai setelah dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh media
pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar volume bangun ruang
kubus dan balok siswa Kelas V SD Negeri. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai
rata-rata yang lebih tinggi 83,46667 sedangkan nilai rata-rata kelaskontrol yaitu
71,73333. Dan dari hasil t- test dengan taraf nyata (α=0,05) dengan derajat
kepercayaan 95% diperoleh t
hitung
≥ t
tabel
, yaitu 2,4975939 > 2,131.
Actions (login required)
|
View Item |