Fadhila, Nurul
(2023)
Pengaruh Penggunaan Media Audio–Visual Powtoon
Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi
Pengukuran Sudut pada Kelas IV SDN di Gugus IV
Kec. Tilatang Kamang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran matematika, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan siswa
kurang berani untuk mengemukakan idenya dalam pembelajaran sehingga
pembelajaran menjadi cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan pengaruh media audio – visual Powtoon terhadap hasil belajar
siswa di kelas IV SDN di gugus IV kecamatan tilatang kamang
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen
design. Desain penelitian yang digunakan Posttes Only Control Design. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan probability sampling dengan jenis sampel
jenuh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Koto Tangah dan
SD Negeri 09 Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah soal objektif berupa pilihan ganda sebanyak
10 butir soal, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil uji hipotesis dengan uji-t
bahwa t
hitung
=
2,227 dan t
tabel
=1,701, df=28 (n1 + n2 – 2 = 15 + 15 – 2 = 28)
dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian Dimana t
hitung
> t
tabel
(2,227 >
1,701) maka H
0
ditolak dan H
1
diterima. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa
penggunaan media audio – visual Powtoon memberikan pengaruh signifikan
terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 04 Koto Tangah
tahun ajaran 2020/2021.
Actions (login required)
|
View Item |