Analisis Faktor Pertimbangan Replanting Kebun Kelapa Sawit dan Dampaknya Terhadap Ekonomi Keluarga di Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya

Elisa, Isma (2023) Analisis Faktor Pertimbangan Replanting Kebun Kelapa Sawit dan Dampaknya Terhadap Ekonomi Keluarga di Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ISMA_ELISA_18053009_1070_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

kelapa sawit dan dampaknya terhadap ekonomi keluarga di Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner dengan skala likert yang dibagikan kepada 310 petani yang melakukan replanting kebun kelapa sawit. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor eksploratori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 faktor yang menjadi pertimbangan petani dalam melakukan replanting kebun kelapa sawit yaitu faktor tinggi batang kelapa sawit, faktor kegiatan penyuluhan, faktor umur optimal kelapa sawit, faktor produktivitas kelapa sawit, faktor bantuan dari pemerintah, faktor modal petani, dan faktor harga pasar kelapa sawit. Kemudian dampak replanting bagi petani di Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya adalah penurunan pendapatan rata rata petani dari kebun kelapa sawit yang dimiliki serta adapun petani yang kehilangan pendapatan dari kebun kelapa sawit yang dimiliki. Upaya yang telah dilakukan petani untuk mengganti pendapatan yang hilang selama masa replanting yakni memanfaatkan kebun lain atau lahan lain yang masih berproduksi dan mencari pekerjaan lain untuk menunjang perekonomian keluarga karena kehilangan pendapatan selama masa replanting. Berdasarkan penelitian ini diharapkan petani dapat mempersiapkan diri lebih matang untuk menghadapi replanting kebun kelapa sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulhendri, YulhendriUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, TriUNSPECIFIED
CorrectorRitonga, MentariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: REPLANTING KEBUN KELAPA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:49
Last Modified: 11 Jul 2023 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44757

Actions (login required)

View Item View Item