Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperati Tipe Talking Chips Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas IX SMP Negeri 7 Muara Bungo

Putri, Rati Desi (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperati Tipe Talking Chips Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas IX SMP Negeri 7 Muara Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Rati_Desi_Putri_18004085_795_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah yang ditemukan di sekolah bahwa masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dengan yang tidak menerapkan Model Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe talking chips terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IX di SMP Negeri 7 Muara Bungo. Hipotesis penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn kelas IX di SMP Negeri 7 Muara Bungo.. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk eksperimen semu (Quasy Eksperiment). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pedoman observasi aktivitas dan soal objektif. Alat pengumpul data dengan lembar hasil observasi aktivitas dan lembar jawaban yang nantinya data tersebut diolah dengan t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, aktivitas belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan yang menerapkan pembelajaran konvensional terdapat data thitung = 4,467> ttabel = 2.00172. Data dari hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dengan yang menerapkan pembelajaran konvensional terdapat data thitung= 2.715> ttabel = 2.00172. Dapat disimpulkan bahwa penerpan model pembelajaran tipe talking chips memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn kelas IX di SMP Negeri 7 Muara Bungo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:03
Last Modified: 10 Jul 2023 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44740

Actions (login required)

View Item View Item