Yudianto, Reanda Ramadhan
(2023)
Pengembangan E-Book Menggunakan
Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK
Kelas VII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara dari pendidik
yang membutuhkan media atau variasi media dalam mendukung peserta didik
untuk belajar, yang disebabkan oleh sedikitnya waktu jam pelajaran pada
Bimbingan TIK. Peserta didik sebagai generasi Z yang dekat dengan perkembangan
teknologi dan IT sangat membutuhkan media yang menarik dalam pembelajaran.
Hal inilah yang menjadi dasar peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan
media ini. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mengembangkan e-book
berbasis Flip PDF Corporate Edition pada mata pelajaran bimbingan TIK kelas VII
SMP Negeri 25 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan
praktikalitas dari media yang dikembangkan yaitu e-book berbasis Flip PDF
Corporate Edition.
Pengembangan yang peneliti lakukan menggunakan model pengembangan
4D. Tahapan penelitian menggunakan model 4D ini adalah Define, Design,
Development, dan Dissemination. Pada tahapan define dilakukan observasi ke
sekolah, melakukan wawancara dengan guru TIK, menganalisis silabus mata
pelajaran, menganalisis karakter peserta didik dan menganalisis buku teks TIK
kelas VII. Selanjutnya, tahap design yaitu perancangan dan pembuatan media
menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition. Tahap develop yaitu
pengembangan produk, peneliti melakukan validitas dan praktikalitas terhadap
media yang dikembangkan. Tahap terakhir yaitu disseminate atau tahap penyebaran
yang dilakukan penyebaran media kepada salah satu kelas VII pada SMP Negeri 25
Padang.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menjelaskan bahwa penelitian dari
validator media “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 97,35%. Penilaian dari
validator materi dinyatakan “Sangat Sesuai” dengan persentase 95,7%. Sedangkan
penilaian praktikalitas dari peserta didik dinyatakan “Sangat Praktis” dengan
persentase diperoleh sebesar 95,64%. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka
kesimpulan dari media pembelajaran berbasis e-book pada mata pelajaran
bimbingan TIK kelas VII yang dikembangkan “Sangat Praktis” digunakan dalam
proses pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa uji validitas dan uji
praktikalitas dapat disimpulkan bahwa e-book ini layak untuk digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |