Pengembangan E-Book Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VII SMP

Yudianto, Reanda Ramadhan (2023) Pengembangan E-Book Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_REANDA_RAMADHAN_YUDIANTO_18004216_2863_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara dari pendidik yang membutuhkan media atau variasi media dalam mendukung peserta didik untuk belajar, yang disebabkan oleh sedikitnya waktu jam pelajaran pada Bimbingan TIK. Peserta didik sebagai generasi Z yang dekat dengan perkembangan teknologi dan IT sangat membutuhkan media yang menarik dalam pembelajaran. Hal inilah yang menjadi dasar peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan media ini. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti mengembangkan e-book berbasis Flip PDF Corporate Edition pada mata pelajaran bimbingan TIK kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari media yang dikembangkan yaitu e-book berbasis Flip PDF Corporate Edition. Pengembangan yang peneliti lakukan menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan penelitian menggunakan model 4D ini adalah Define, Design, Development, dan Dissemination. Pada tahapan define dilakukan observasi ke sekolah, melakukan wawancara dengan guru TIK, menganalisis silabus mata pelajaran, menganalisis karakter peserta didik dan menganalisis buku teks TIK kelas VII. Selanjutnya, tahap design yaitu perancangan dan pembuatan media menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition. Tahap develop yaitu pengembangan produk, peneliti melakukan validitas dan praktikalitas terhadap media yang dikembangkan. Tahap terakhir yaitu disseminate atau tahap penyebaran yang dilakukan penyebaran media kepada salah satu kelas VII pada SMP Negeri 25 Padang. Hasil dari penelitian yang dilakukan menjelaskan bahwa penelitian dari validator media “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 97,35%. Penilaian dari validator materi dinyatakan “Sangat Sesuai” dengan persentase 95,7%. Sedangkan penilaian praktikalitas dari peserta didik dinyatakan “Sangat Praktis” dengan persentase diperoleh sebesar 95,64%. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan dari media pembelajaran berbasis e-book pada mata pelajaran bimbingan TIK kelas VII yang dikembangkan “Sangat Praktis” digunakan dalam proses pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa uji validitas dan uji praktikalitas dapat disimpulkan bahwa e-book ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorYeni, FetriUNSPECIFIED
CorrectorPratiwi, RahmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:03
Last Modified: 10 Jul 2023 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44738

Actions (login required)

View Item View Item