Danil, Rahma
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran
menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning di
Kelas III Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini berawal dari studi kasus yang dilakukan di
beberapa Sekolah Dasar Batipuh dimana penggunaan media dalam
pembelajaran yang masih konvensional di dalam kelas III.
Kemajuan teknologi yang semakin pesat dalam berbagai
bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan
dengan kemajuan IPTEK telah banyak membawa pengaruh serta
perubahan untuk kemajuan dalam bidang pendidikan. Pada dunia
pendidikan telah di gunakan berbagai teknologi guna menunjang
kemajuan dalam bidang pendidikan, seperti penggunaan teknologi
seperti Handphone, laptop, dan lain-lain. Teknologi tersebut
berfungsi sebagai media dalam belajar seperti penggunaan aplikasi
belajar, video pembelajaran, edmodo, e-learning dan lain. Dalam
penguji cobaan produk tersebut, peneliti menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning yang merupakan model
pembelajaran inovatif dimana siswa dapat aktif secara lansung dalam
proses pembelajaran serta siswa dapat menemukan sendiri
pembelajarannya.
Berdasarkan hasil study kasus di beberapa SD di Batipuh
masih menggunakan media konvensional seperti media pajangan
gambar serta benda kontrit lainya. Berdasarkan hal tersebut peneliti
tertarik mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi
Articulate Storyline 3 berbasis Discovery Lerning di kelas III yang
valid dan praktis.
Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model
yang dikemukakan oleh Thiagarajan (dalam Trianto, 2012:93), dengan
tahap define, design, develop dan disseminate. Akan tetapi, tahap
disseminate tidak dilakukan dikarenakan keterbatasan biaya dan
tenaga. Media pembelajaran yang dirancang divalidasi oleh validator
kemudian diujicobakan di kelas III SDN 13 Batipuh untuk
mengetahui praktikalitas media pembelajaran yang dikembangkan.
Hasil penelitian dari media pembelajaran yang dikembangkan,
diperoleh hasil tingkat validitas bahan ajar dengan jumlah
keseluruhan nilai validasi 86 dalam kategori valid. Hal ini terlihat
juga dari hasil respon guru 82% dan hasil respon siswa 95% dengan
kategori praktis. Dengan demikian, media pembelajaran
menggunakan Articulate Storyline 3 berbasis Discovery Learning di
nyatakan valid dengan kategori valid dan praktis
Actions (login required)
|
View Item |