Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing

Saputra, Randiki (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_RANDIKI_SAPUTRA_18129133_1618_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, hal ini terlihat pada proses pelaksanaan guru lebih dominan memberikan informasi materi pelajaran sehingga siswa kurang aktif dan hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru, guru belum mengembangkan model pembelajaran yang bervariasi yang mengakibatkan siswa kurang berminat mengindentifikasi masalah dan kurangnya keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat, sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 24 Parupuk Tabing yang berjumlah 21 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 80,5% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II memperoleh persentase 97,22% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 75,74% dengan kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II memperoleh persentase 96,29% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata 79,49% dengan kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II memperoleh persentase 93,54% dengan kualifikasi sangat baik (SB), dan d)hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,94 dengan predikat cukup (C) dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90,05 dengan predikat sangat baik (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 24 Parupuk Tabing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:19
Last Modified: 10 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44732

Actions (login required)

View Item View Item