Saputra, Randiki
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu
di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah,
hal ini terlihat pada proses pelaksanaan guru lebih dominan memberikan
informasi materi pelajaran sehingga siswa kurang aktif dan hanya mendengarkan
apa yang disampaikan guru, guru belum mengembangkan model pembelajaran
yang bervariasi yang mengakibatkan siswa kurang berminat mengindentifikasi
masalah dan kurangnya keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat,
sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan
model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan
dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan
siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 24 Parupuk Tabing yang
berjumlah 21 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 13 orang perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP pada siklus
I memperoleh rata-rata 80,5% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada
siklus II memperoleh persentase 97,22% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b)
aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 75,74% dengan kualifikasi cukup
(C) dan meningkat pada siklus II memperoleh persentase 96,29% dengan
kualifikasi sangat baik (SB), c) aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata
79,49% dengan kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II memperoleh
persentase 93,54% dengan kualifikasi sangat baik (SB), dan d)hasil belajar siswa
pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,94 dengan predikat cukup (C) dan
meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90,05 dengan predikat sangat
baik (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based
Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
tematik terpadu di kelas V SDN 24 Parupuk Tabing.
Actions (login required)
|
View Item |