Pembelajaran Seni Rupa Materi Ragam Hias Flora dan Fauna Menggunakan Teknik Papercut pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang

Ananda, Cindy Rizki (2023) Pembelajaran Seni Rupa Materi Ragam Hias Flora dan Fauna Menggunakan Teknik Papercut pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_CINDY_RIZKI_ANANDA_18020074_156_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan media berkarya pada SMP N 12 Padang yang masih jarang dilakukan, padahal pengembangan media berkarya adalah salah satu cara untuk menaikkan ketertarikan peserta didik pada proses pembelajaran seni rupa dan bisa membuat siswa bebas berekspresi. Tujuan penelitian ini ialah (1) mengidentifikasi proses pembelajaran ragam hias memakai teknik papercut pada kelas VIII.9 SMP Negeri 12 Padang, (2) mengidentifikasi hasil karya pembelajaran ragam hias memakai teknik papercut di kelas VIII.9 SMP Negeri 12 Padang. Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif memakai pengamatan terkendali, untuk memperkuat data penelitian peneliti memakai wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data serta penarikan simpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pembelajaran ragam hias memakai teknik papercut pada kelas VIII.9 SMP Negeri12 Padang sudah berhasil dilakukan menggunakan membentuk sejumlah karya dengan evaluasi pada beberapa kategori, pembelajaran ini dilakukan dalam 3 tahapan yaitu pertama, perencanaan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). kedua, tahap pelaksanaan yg terdiri asal kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Ketiga ialah tahap penilaian pada pembelajaran ini memakai penilaian proses serta hasil. (2) Pembelajaran tadi menghasilkan sebanyak 27 karya ragam hias menggunakan teknik papercut dengan mencapai nilai rata-rata 80,3 dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnis, ErnisUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSandra, YofitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:46
Last Modified: 07 Jul 2023 08:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44723

Actions (login required)

View Item View Item