Efektivitas Penggunaan Model E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Padang

Ghaluh, Bima Mhd (2023) Efektivitas Penggunaan Model E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Eksposisi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_BIMA_MHD_GHALUH_19016081_606_2023.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi pada siswa kelas X SMAN 2 Padang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 2 Padang, sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas X-1 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan e-book interaktif berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran, dan kelas X-2 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan buku konvensional sebagai media pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan membaca teks eksposisi yang divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan membaca teks eksposisi siswa kelas X-1 yang menggunakan e-book interaktif berbasis kearifan lokal dengan kelas X-2 yang menggunakan buku konvensional sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat nilai thitung kelas eksperimen 64,19 > thitung kelas kontrol 5,94 pada taraf nyata α yaitu 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal sebagai media pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan buku konvensional. Oleh karena itu, model e-book interaktif berbasis kearifan lokal dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca teks eksposisi pada siswa kelas X SMAN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:45
Last Modified: 07 Jul 2023 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44719

Actions (login required)

View Item View Item