Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Biografi Siswa Kelas X SMA N 5 Pariaman

Rahayu, Rani (2022) Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Biografi Siswa Kelas X SMA N 5 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_RANI_RAHAYU_18016125_5980_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks biografi siswa kelas X SMA N 5 Pariaman sebelum menggunakan metode SQ4R. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks biografi siswa kelas X SMA N 5 Pariaman sesudah menggunakan metode SQ4R. Ketiga, menganalisis pengaruh metode SQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman teks biografi siswa kelas X SMA N 5 Pariaman. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan Penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 5 Pariaman yang terdaftar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 192 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks biografi sebelum menggunakan metode SQ4R dan keterampilan membaca pemahaman teks biografi sesudah menggunakan metode SQ4R. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan membaca pemahaman teks biografi sebelum dan sesudah menggunakan metode SQ4R. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman teks biografi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks biografi sebelum menggunakan metode SQ4R siswa kelas X SMA N 5 Pariaman berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 56,50. Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks biografi sesudah menggunakan metode SQ4R siswa kelas X SMA N 5 Pariaman berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 85,28. Ketiga, berdasarkan uji-t hipotesis kerja (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (n-1) karena thitung>ttabel, yaitu (16,73>1,67). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu terdapat pengaruh metode SQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman teks biografi siswa kelas X SMA N 5 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode SQ4R tepat digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks biografi siswa kelas X SMA N 5 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE SQ4R , KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:42
Last Modified: 07 Jul 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44715

Actions (login required)

View Item View Item