Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 05 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat

Risnaldi, Rizky (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 05 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Rizky_Risnaldi_19129161_4065_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi di SDN 05 Sungai Beremas, ditemukan masalah bahwa hasil belajar peserta didik yang rendah dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 05 Sungai Beremas. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya, penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Penlitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 05 Sungai Beremas yang berjumlah 24 orang. Sumber data diperoleh dari proses pembelajaran dengan Model Problem Based Learing (PBL). Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian RPP siklus I adalah 86,11% dengan kualifikasi (B), siklus II meningkat menjadi 97,22% dengan kualifikasi (SB), (2) Penilaian aspek guru siklus I adalah 87,5% dengan kualifikasi (B), siklus II meningkat menjadi 96,42% dengan kualifikasi (SB), (3) Penilaian aspek peserta didik siklus I adalah 85,71% dengan kualifikasi (B), siklus II meningkat menjadi 96,42% dengan kualifikasi (SB), (4) Penilaian pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 72,05% dengan kualifikasi (C), siklus II meningkat menjadi 82,4% dengan kualifikasi (B). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 05 Sungai Beremas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:30
Last Modified: 07 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44705

Actions (login required)

View Item View Item