Nilai Cinta Kasih dalam Lirik Lagu Chrisye pada Album Kala Cinta Menggoda dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Puisi

Wulandari, Rahayu P. (2022) Nilai Cinta Kasih dalam Lirik Lagu Chrisye pada Album Kala Cinta Menggoda dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Puisi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_RAHAYU_P_WULANDARI_15016092_7385_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan nilai-nilai cinta kasih anatara manusia dengan Tuhan dalam album Kala Cinta Menggoda karya Chrisye. Kedua, mendeskripsikan nilai cinta kasih terhadap kaluarga dalam album Kala Cinta Menggoda karya Chrisye. Ketiga, mendeskripsikan nilai cinta kasih antara manusia dengan manusia dalam album Kala Cinta Menggoda Karya Chrisye. Keempat, mendeskripsikan nilai cinta kasih terhadap diri sendiri dalam album Kala Cinta Menggoda karya Chrisye. Kelima, mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran teks puisi di Sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Latar dari penelitian ini adalah lirik-lirik lagu yang terdapat dalam album Kala Cinta Menggoda karya Chrisye. Entri penelitian ini ada pemaknaan dan penafsiran lirik lagu, bagaimana hingga mengetahui nilai-nilai cinta kasih apa saja yang terdapat dalam lirik lagu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi. Teknik pengabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pertama, reduksi data. Kedua, display data. Ketiga, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Berdasarkan temuan dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penelitian menjadikan 4 lagu sebagai bahan data yang akan diteliti dalam bidang cinta kasih dan impikasinya terhadap pembelajaran puisi untuk mata pelajaran bahasa indonesia. (1) lagu tersebut berjudul,Ketika Tangan Kaki Berkata karya Chrisye dan Taufik Ismail, Kala Cinta Menggoda karya Guru Soekarnoputra, Negeriku karya Chirsye, Yanti Noor dan Rina R.d, Untukku karya Yovie Widiato, Kalimantan karya Guruh Sukarnoputra, Kembalilah karya M Taufik Hidayat ( Tito Soemarsono), Mawar Merah, Sahabat karya Chrismansyah Rahadi, Mariana Adhiati dan Yanti Noor, Kan Berlalu karya Sigit Wardana, Intan Putri Werdiniadi, Adnil Faisal, Ardhini Citrasari, Bambang Susanto, Adon Saptowo dan Ardi Isnandar, Gelap Kan Sirna. (2) nilai cinta kasih, peneliti menemukan kesimpulan yakni mengenai hubungan terpenting yang dimiliki setiap manusia dalam menerapkan nilai cinta kasih yaitu manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia lain, manusia dengan lingkungan dan manusia terhadap diri sendiri. (3) impilikasi dari kumpulan lagu Chrisye dengan nilai cinta kasih dan implikasinya dalam pembelajaran teks puisi adalah sebagai kegiatan penganalisisan lagu klise mengandung nilai cinta kasih dan pembelajaran tes puisi dapat dijadikan sebagai bahan ajar untuk kompetesi dasar yang berkaitan dengan penilaian pengetahuan (pemahaman) dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdmazaki, AdmazakiUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, MohamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TEKS PUISI, LIRIK LAGU CHRISYE
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:30
Last Modified: 07 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44704

Actions (login required)

View Item View Item