Hartanti, Veona
(2023)
Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata
Pelajaran IPA Kelas IX SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan multimedia menggunakan aplikasi Lectora Ispire ini dilakukan
sebagai upaya untuk memecahkan permasalahan pembelajaran pada peserta didik
yaitu kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran IPA karena
materi pelajaran IPA yang bersifat kompleks atau sulit untuk diamati sehingga
membutuhkan media yang bisa mensimulasikan serta membantu peserta didik
dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran IPA. Untuk mengatasi
permasalahan yang terjadi maka diberikan solusi dengan membuat multimedia
karena di dalam multimedia mencakup banyak komponen teks, gambar, audio
serta video. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia
menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran IPA kelas IX SMP
dan mengetahui produk yang telah dikembangkan layak atau tidak digunakan
dalam proses pembelajaran oleh guru dan peserta didik.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseacrh and
Development). Penelitian dilakukan dengan 4 tahapan sesuai model 4D (Define,
Design, Development, disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan panduan penilaian untuk ahli media dan ahli materi. Angket
dikembangkan dari indikator yang telah ditetapkan. Uji validitas produk dilakukan
oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator produk dan satu
orang validator materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada siswa/i kelas IX di SMP
N 3 Padang Panjang.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penilaian dari validator media
dinyatakan “sangat baik” dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari validator
media I yaitu 4,75 dan validator media II yaitu 4,85. Sedangkan hasil uji validasi
materi oleh validator materi pada produk multimedia pembelajaran yang telah
dikembangkan dinyatakan “sangat baik” dengan nilai rata-rata yaitu 4,76.
Penilaian dari peserta didik dinyatakan “praktis” dengan skor rata-rata 4,45.
Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan dari multimedia
pembelajaran IPA yang dikembangkan “layak digunakan” dalam proses
pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |