Fajri, Silvi Afifah
(2023)
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Berbasis Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME)
Materi Penyajian Data di Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di Sekolah
Dasar yaitu kurang variatifnya LKPD yang digunakan guru dalam proses
pembelajaran. LKPD yang digunakan ialah LKPD yang masih biasa disediakan
oleh sekolah, dan didalam proses pembelajaran guru belum menggunakan LKPD
yang berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika berbasis
pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yang valid dan
praktis.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian
pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model
Pengembangan ADDIE terdiri atas lima tahapan yakni analysis (analisis), design
(rancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan
evaluation (evaluasi). Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan
lembar validasi, dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi
materi, validasi Bahasa, dan validasi materi. Angket respon terdiri atas angket
respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian terdiri dari dua
sekolah di gugus I Kecamatan Ujungbatu yaitu SDN 001 Ujungbatu dan SDN 009
Ujungbatu. Pada SDN 001 Ujungbatu terdapat 20 peserta didik yang terdiri dari
12 orang perempuan dan 8 orang laki-laki serta 1 orang guru kelas dan pada SDN
009 Ujungbatu yang terdiri atas 15 orang peserta didik dengan 6 orang perempuan
dan 9 orang laki- laki serta 1 orang guru kelas.
Hasil penelitian pengembangan LKPD berbasis pendekatan pembelajaran
Realistic Mathematic Education (RME) memperoleh hasil validasi dari tiga
validator yaitu aspek materi dengan presentase 90%, aspek Bahasa dengan
presentase 90%, dan aspek media dengan presentase 93% sehingga memperoleh
nilai rata- rata 91% dengan kategori valid. Hasil angket respon dalam persentase
menunjukkan bahwa LKPD sudah sangat praktis dengan hasil angket respon guru
dengan presentase 97% dan angket respon siswa dengan presentase 97,5%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan
pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran
matematika materi penyajian data di kelas IV SD telah dinyatakan valid dan
praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |