Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Materi Penyajian Data di Kelas IV Sekolah Dasar

Fajri, Silvi Afifah (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Materi Penyajian Data di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Silvi_Afifah_Fajri_18129312_2098_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di Sekolah Dasar yaitu kurang variatifnya LKPD yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. LKPD yang digunakan ialah LKPD yang masih biasa disediakan oleh sekolah, dan didalam proses pembelajaran guru belum menggunakan LKPD yang berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model Pengembangan ADDIE terdiri atas lima tahapan yakni analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi, dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi materi, validasi Bahasa, dan validasi materi. Angket respon terdiri atas angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek penelitian terdiri dari dua sekolah di gugus I Kecamatan Ujungbatu yaitu SDN 001 Ujungbatu dan SDN 009 Ujungbatu. Pada SDN 001 Ujungbatu terdapat 20 peserta didik yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 8 orang laki-laki serta 1 orang guru kelas dan pada SDN 009 Ujungbatu yang terdiri atas 15 orang peserta didik dengan 6 orang perempuan dan 9 orang laki- laki serta 1 orang guru kelas. Hasil penelitian pengembangan LKPD berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) memperoleh hasil validasi dari tiga validator yaitu aspek materi dengan presentase 90%, aspek Bahasa dengan presentase 90%, dan aspek media dengan presentase 93% sehingga memperoleh nilai rata- rata 91% dengan kategori valid. Hasil angket respon dalam persentase menunjukkan bahwa LKPD sudah sangat praktis dengan hasil angket respon guru dengan presentase 97% dan angket respon siswa dengan presentase 97,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran matematika materi penyajian data di kelas IV SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:46
Last Modified: 06 Jul 2023 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44676

Actions (login required)

View Item View Item